Cara Merawat Kulit Pada Bayi yang Baru Lahir

Cara Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir - Sebagai orang tua tentunya harus tahu bagaimana cara merawat kondisi kulit yang umum pada bayi, karena kulit mereka tipis dan sangat sensitif.
Cara Merawat Kulit Pada Bayi yang Baru Lahir
Iritasi kemerahan dan luka luar terkadang dialami oleh si buah hati karena beberapa faktor diantaranya lingkungan yg ekstrim, efek sinar matahari juga penggunaan produk perawatan yg salah.
Tips Cara Merawat Kulit Bayi
  • Bayi yg baru lahir dan umurnya belum sebulan cukup dilap basah pakai air biasa dengan suhu normal tanpa tambahan apapun. Kain lap yang dipakai harus terbuat dari katun lembut serta bersih, demikian juga handuknya. Pastikan bagian anus dan alat kelamin bebas kotoran setiap saat.
  • Apabila Anda memandikan bayi, gunakan sabun khusus bayi terbuat dari bahan herbal alami tanpa ditambahkan bahan wewangian karena hal tersebut dapat mengiritasi kulitnya. Jika Anda tidak yakin, mintalah rekomendasi dari bidan atau dokter anak. Oleskan lotion bayi setelah mandi dgn lembut.  Selain untuk mencegah terjadinya iritasi, hal itu juga baik untuk meningkatkan hubungan batin antara orang tua dan anak.
  • Jika terjadi biang keringat, mungkin si bayi sedikit kepanasan. Berikanlah pakaian yg berbahan katun lembut serta longgar. Kondisikan ruangan agar memiliki sirkulasi udara yg baik. Gunakan bedak berbahan dasar tepung jagung untuk mengatasi biang keringat jangan yang lain. Berikanlah didaerah genital, lipatan di sekitar leher, atau di bawah lengan. Biang keringat adalah sesuatu yg biasa terjadi, Anda tidak perlu cemas, nanti akan sembuh dengan sendirinya seiring berkembangnya sistem kekebalan tubuh.
  • Berikan pakaian yg bersih termasuk baju, celana, popok, kaos kaki, sarung tangan, serta lainnya berbahan dasar katun. Cucilah setelah sehari dipakai tanpa mesin cuci.
  • Saat bayi Anda sedang berada diluar dan terkena langsung sinar matahari, usahakan jangan terlalu lama, bila perlu gunakan tabir surya.
Semoga tips cara merawat kulit bayi ini bermanfaat!