Beberapa Tips Untuk Mengurangi Rasa Sakit Ketika Melahirkan Normal

Beberapa Tips Untuk Mengurangi Rasa Sakit Ketika Melahirkan Normal - Melahirkan adalah sebuah moment luar biasa bagi seorang ibu terutama bagi mereka yang hendak merasakan rasanya melahirkan untuk yang pertama kali. Setiap wanita memang memiliki pengalaman yang berbeda-beda berkaitan dengan proses kelahirannya. Jadi akan ada jawaban yang berbeda antara orang satu dengan yang lainnya.
Beberapa Tips Untuk Mengurangi Rasa Sakit Ketika Melahirkan Normal
Namun pada umumnya, proses kelahiran hanya menyita rasa sakit yang sebentar saja yaitu ketika kontraksi yang menimbulkan sedikit rasa nyeri. Namun sesudahnya, seperti mendorong bayi itu semua mudah kok. Jangan biarkan rasa takut membayang-bayangi anda yang justru bakal mengganggu proses kelahiran sang bayi.

Bagi ibu-ibu yang sedang menantikan kedatangan anak pertama wajar saja merasa takut dan was-was lebih lagi jika ini adalah pertama kali menghadapi kelahiran. Namun tak usah khawatir dengan itu semua beberapa tips di bawah ini dapat anda coba dan mudah-mudahan membantu proses kelahiran dengan mulus. Sebaiknya anda juga berkonsultasi ke dokter dan mengikuti saran-saran yang harus dilakukan apa saja. Oke para ibu-ibu? :D

Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

1. Siapkan posisi yang tepat untuk bayi

Supaya proses kelahiran bayi lancar, anda juga perlu mengatur ruang luncur bagi sang bayi. Posisi bayi sedikit miring dengan kepala di bawah akan memudahkan keluarnya bayi. Anda bisa melakukan latihan disaat calon bayi berumur 3-4 tahun yaitu dengan melakukan latihan berlutut di lantai atau dengan posisi sedikit agak condong ke belakang. Kemudian bersandarlah pada bola fitness atau sebuah kursi sehingga lutut lebih rendah dari bokong. Dengan latihan ini sang calon bayi akan mengarah turun dan membantu pada saat bayi lahir.

2. Jaga selalu kesehatan

Agar pada saat melahirkan berjalan lancar, kesehatan sang ibu juga perlu diperhatikan. Para ibu direkomendasikan agar mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, minum susu, suplemen dari dokter, istirahat yang cukup dan banyak bergerak. Hal ini dilakukan karena dalam proses melahirkan anda membutuhkan banyak tenaga untuk mendorong sang bayi keluar.

3. Lakukan pijatan

Anda juga bisa melakukan pijatan-pijatan untuk melancarkan proses kelahiran sang bayi di minggu ke 3-4 bulan. Lakukan pijatan antara vagina dan daerah rektum supaya daerah tersebut lebih fleksibel, dapat membuka dan meregang dengan mudah serta mengurangi terjadinya robekan saat melahirkan.

4. Selalu aktif ketika kontraksi

Ketika mengalami kontraksi, para ibu cenderung jadi malas dan tidak ingin bergerak. Hal ini sangat tidak disarankan. Ketika kontraksi anda boleh beristirahat dan tiduran namun ketika sudah berhenti anda boleh berjalan-jalan sejenak. Jagalah posisi tubuh anda selalu tegak untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun dengan mudah.

5. Posisi Jongkok

Melakukan posisi dengan cara berjongkok bisa mempermudah anda ketika melahirkan. Selain posisi jongkok anda juga bisa mencoba dengan posisi seperti bersujud dengan kepala dialasi dengan bantal.Posisi tersebut bisa membantu bayi keluar ke dalam serviks.

6. Minum Teh raspery

Teh raspery diyakini berkhasiat membantu melancarkan proses kelahiran. Minum hingga 4 cangkiir teh raspery setiap hari. Teh raspery juga tersedia dalam bentuk tablet siapminum.